Home » , » Vatikan Siap Teken MoU dengan Muhammadiyah & NU

Vatikan Siap Teken MoU dengan Muhammadiyah & NU

Written By Emye Yahya on Kamis, 14 Maret 2013 | 06.48




JAKARTA - Ketua PP Muhammadiyah Din Samsudin mengatakan, akan ada penandatanganan MoU antara Vatikan dan umat Islam Indonesia yang diwakili oleh Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama (NU). Perjanjian itu merupakan salah satu instrumen untuk menjaga dialog antara Gereja Katolik dan umat Islam khususnya di Indonesia.

"Ingin saya sampaikan secara khusus, akan ada penandatanganan MoU Vatikan dan umat Islam yang diwakili Muhammadiyah dan NU. Penandatanganan itu diharapkan akhir tahun ini," ujar Din di Gedung Caraka Loka Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Din menambahkan, Romo Markus dari Flores juga akan terlibat dalam proses penandatanganan MoU itu. Din juga sudah mengadakan kontak dengan kardinal di Vatikan.

Terkait penanganan perjanjian itu, Din masih belum tahu siapa yang akan terlibat. Namun Paus baru kemungkinan bisa terlibat dalam penandatanganan ini.

"Kita belum sampai tahap drafting, MoU ini lebih banyak membahas hubungan Vatikan dan dunia Islam khsususnya di Indonesia, misalnya untuk meningkatkannya agar lebih harmonis. Ini juga bertujuan untuk mengintensifkan dialog," paparnya.

"Dan bila hal itu terjadi, ini akan menjadi MoU kedua yang ditandatangani Vatikan dan Muhammadiyah," imbuhnya.

Pada akhir kata, Din berharap Paus Francis I bisa melanjutkan kerja samanya dengan umat Muslim. Karena Din menganggap dua agama itu merupakan agama terbesar di dunia.

"Saya berharap Paus Francis I bisa melanjutkan tradisi yang sudah baik, karena umat Islam dan Katolik merupakan dua kelompok agama terbesar di dunia. Kalau Kristiani (Katolik dan Protestan) ada 2 miliar, Islam ini ada 1,6 miliar," tutupnya.
Berita Selengkapnya Klik di Sini
(faj)

Komentar Saya:

"Bagus... mencoba lagi membuat satu perjanjian untuk saling menghormati. Walaupun dahulu kala di saat zaman Rasulullah pun itu sudah sering di lakuka..; dan mereka para kafir ini selalu mengingkari perjanjian-perjanjian yangada.., tetapi, tetap patut di coba. Dan umat Islam harus tetap memegang teguh petunjuk Al Qur'an agar selalu waspada terhadap kam Yahudi dan Nashrani..selamanya...
Semoga Allah Swt selalu meridhoi kita semua, Aamiin..
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Isi Post Dzul Kifayatain

Translate

Topics :
 
Support : emye Blogger Kertahayu | kanahayakoe | Shine_83
Copyright © 2013. Dzul Kifayatain_Tis'ah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger