Home » » MUSIK CADAS dan BAND ROCK, Sesat dan Menyesatkan?

MUSIK CADAS dan BAND ROCK, Sesat dan Menyesatkan?

Written By Emye Yahya on Jumat, 15 Februari 2013 | 12.36


Dari Abi Malik Al Asy’ari dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam beliau bersabda :
“Sesungguhnya akan ada sebagian manusia dari umatku meminum khamr yang mereka
namakan dengan nama-nama lain, kepala mereka bergoyang-goyang karena alat-alat musik
dan penyanyi-penyanyi wanita, maka Allah benamkan mereka ke dalam perut bumi dan
menjadikan sebagian mereka kera dan babi.” (HR. Bukhari dalam At Tarikh 1/1/305, Al
Baihaqi, Ibnu Abi Syaibah dan lain-lain)
-------------------------------------------
Ngeri gw baca Hadist di atas.. wong gw gk bloon-bloon amat, ya ngertilah maknanya... (cry...).

Bagi gw,  “MUSIK” dimana setiap zaman ada perubahan-perubahan dari sisi musikalitas, ideologi, dll. Salah satu perubahan yang berubah menjadi buruk ada di dalam musik rock. Dipakai untuk apa dan siapa yang melakukannya adalah salah satu bagian yang  membuatku sedikit terhenyak saat mendengarnya.

Kadang mencoba membayangkan akan seperti apa bila di dunia ini tak ada musik dalam kehidupan manusia?Mungkinkah hanya sepi, kosong,dan kehampaan yang bisa kita rasakan dalam menjalani kehidupan ini?
Dan mungkin juga akan terasa sulit untuk hidup jika tak ada musik, karena ternyata dalam setiap langkah yang kita jalani, ada yang tak pernah lepas dari yang namanya musik.
Ada yang bilang, detak jantung yang berirama, setiap langkah kaki yang kita pijak, setiap tarikan nafas yang berhembus, suara angin yang berhembus, dll, merupakan beberapa irama musik pemberian Allah yang begitu indah untuk umat manusia dan semua yang hidup di bumi ini...


MUSIK CADAS dan BAND ROCK
------------------------------------
Sekarang Gw pengin membahas musik "buatan manusia". Ada banyak klaim soal itu. Berangkat dari berbagai latar belakang budaya dan tujuan, tentunya ada sangat banyak variasi. Musik buatan manusia lebih banyak mengiringi prosesi ritual peribadatan, dan pesta-pesta. Sejak jaman baheula.
Sekarang, saat ini, jaman yang di klaim berbudaya tinggi, tentunya punya budaya tersendiri untuk musik. Dengan beragam warna.
Adalah Musik Rock, salah satu music yang paling banyak penggemarnya dikarenakan sifatnya yang penuh semangat, berenergi, dan terkesan "membangun mood"  yang mendengarnya.

Sebenarnya kalau mau jujur, banyak sekali penghujatan yang dilakukan oleh para musisi rock untuk melupakan kehidupan, ekpresikan amarah, luapkan keputus asaan dan menghujat eksistensi Tuhan yang sebenarnya juga adalah pemberi music (rock) itu sendiri. Nah, di sini point pentingnya yang pengin gw keluarkan unek-unek..

Banyak media penyampaian dan juga isi dari yang di sampaikan oleh para "artis" dan "musisi" untuk mengelabui pendengarnya hanya demi meraih kepuasan popularitas dan pastinya berimbas kepada pendapatan materi semata tanpa memikirkan dampak apa yang terjadi pada para pendengarnya dan pemujanya..

Band Rock Sesat dan Menyesatkan
---------------------------------------
Seperti yang di lakukan grup rock hitam Marilyn Manson yang selalu ikut dalam kebaktian Gereja Setan yang dipimpin oleh Anton Lavey dan selalu berkata bahwa “Neraka adalah tempat yang paling indah”, dan selalu mengajak fans-nya untuk bunuh diri meskipun dia sendiri tak melakukannya.. buruk sekali bukan?

Ozzy Osbourne, sang "maestro rock" pendiri grup band fenomenal Black Sabbath, yang selalu melakukan sesuatu yang "unik" dengan melakukan ritual membunuh burung ataupun kelelawar diatas panggung dan meminum darahnya...pantaskah itu..dan untuk apa di sertakan dalam pertunjukan itu?
Yang lebih soft mungkin apa yang di lakukan grup rock n' roll sejati, The Beatles yang pernah berkata bahwa “sebenarnya kami bukan anti Kristus, tetapi kami anti Paus dan anti Kristen”.., nah lho..?

Bukan hanya para artis pria yang ternyata selalu melakukan hal-hal burukk dan melupakan Tuhan (yang juga palsu) dalam kehidupan dan aksi  bermusiknya. Para artis perempuan seperti Britney Spears yang dulunya adalah seorang anak yang polos dan baik, berubah menjadi seorang yang jalang dengan selalu berpenampilan seksi (baca:nyaris telanjang). Dalam satu aksi panggung, Britney dan Madonna melakukan aksi layaknya lesbian yang tentunya sangat-sangat bertentangan dengan nilai moral. Seperti yang ada di artikel simpanan gw di blog kanahayakoe. Silahkan klik: http://kanahayakoe.blogspot.com/2011/12/pesan-tersembunyi-anti-christ-dan.html. Yang memuat perilaku satu artis gemblung: Lady Gaga.

Mereka semua adalah contoh betapa mudahnya musik merubah kehidupannya. Dengan musik dan "aksi nyentrik", mereka bisa popular, dengan musik bisa menjadi "yang professional", dan dengan musik pulalah mereka lupa akan nilai-nilai moral yang sudah Tuhan tetapkan, dan membawa kesesatan untuk penggemarnya.

Musik memang dikenal sebagai bahasa yang universal, hampir semua sisi bisa dilakukan oleh musik. Akan tetapi, yang pasi, tak semua jenis musik dan apa yang di bawanya dan juga bagaimana cara si pembawa musik menyampaikannya bisa memberikan nilai yang positif, dan membawa perubahan yang baik. Kita harus gunakan penilaian dan pemilihan sebaik-baiknya agar tak terjerumus hal-hal yang akan membuat kita terpuruk nantinya.

Banyak yang bilang kalo band rock ini adalah band yang “layak dipuja” oleh banyak fans di dunia musik. Ada yang suka karena musiknya yang menggambarkan semangat dan cenderung membangkitkan rasa percaya diri, ada yang suka karena gaya si artis dan penampilannya di panggung dan media massa, dan juga sisi lain kehidupannya. Semua yang mungkin lebih banyak adalah imej yang di ciptakanya sendiri.. Begitu luar biasanya sisi hebat yang di ciptakan, tidak jarang bahwa fans rocker itu sampai meniru total apa yang di lakukan si artis. Salah? Mungkin iya, mungkin juga tidak..

Tapi bagaimana jika ternyata mereka si artis itu adalah para pemuja setan?
Dan jika ternyata dia bukan orang yang berpendidikan dan mengerti moralitas? Orang yang benci agama? Bukan pula orang yang punyaaturan hidup dan berprinsip?

Ini kisah rocker-rocker setan dan beberapa artis wanita yang juga sesat menyesatkan, menurut gw. Informasi dari beberapa sumber online dan majalah juga pengalaman gw sewaktu jadi "groupies"...

Rocker Pengikut setan
---------------------------

Ozzy Osbourne

Ozzy osbourne, menurut situs yang membuat biografinya, dia adalah seorang pendiri band rock fenomenal Black Sabbath. Nama aslinya adalah Jhon Michael Osbourne. Dia lahir 3 Desember 1948 di Birmingham, Inggris. Ozzy itu adalah nama panggilan teman-teman sekolah untuk Jhon, lahir di keluarga miskin. Bahkan Ozzy memiliki 5 saudara yang harus dihidupi orangtuanya dirumah.
Ozzy bukan tipe orang yang menyukai sekolah. Bahkan, dia keluar dari sekolah sejak umur 15 tahun dan mencoba untuk bekerja. Hampir semua pekerjaan dia bisa lakukan, dari mulai menjadi pemotong sapi, asisten tukang ledeng. Bahkan hingga dia nekad untuk masuk ke pekerjaan yang ilegal hingga harus masuk penjara Winson Green, Birmingham selama 3 bulan.
Ozzy masuk dunia musik saat berumur 14 tahun. Dulu band itu benama Black Panthers. Seiring berjalan waktu Ozzy sering keluar masuk band yang lainnya. Akhirnya, dia mendirikan sebuah band baru bernama Polka Tulk Blues Band. Kemudian, band itu berubah nama menjadi Earth. Earth merupakan cikal bakal Black Sabbath yang terinspirasi dari sebuah buku karangan Dennis Wheatley yang berjudul “The Black Sabbath”.
Personil Black Sabbath adalah Ozzsy Osbourne sebagai vokalis, Toni Lommi sebagai gitaris, Bill Ward sebagai drummer, dan Geezer Butler sebagai bassis. Tema musik yang dipakai saat itu dalah seputar okultisme, dan kesadisan, di sebuah wawancara yang dilakukan oleh majalah Rolling Stone Indonesia yang terbit di edisi 5 September 2005 hal 106 dia menjelaskan, “Bila film horor dapat disukai oleh banyak orang dan kalangan, semestinya musik horor pun bisa laku”
Sejak tahun 1970-2004 Black Sabbath telah memiliki 26 album. Ketenaran mereka didapatkan karena mereka mengusung musik yang baru, yaitu Heavy Metal. Hampir dari setiap konser mereka melakukan ritual-ritual yang “aneh” seperti membunuh kelelawar atau burung merpati diatas panggung. Lalu Ozzy meminum darahnya. Perilaku tersebut menimbulkan reaksi marah para pecinta binatang di dunia... dan miris para pemuja Tuhan.

Mereka melakukan hal itu dikarenakan mereka adalah pengikut satanic.
Banyak sekali dari lagu-lagu mereka yang berhubungan dengan ritual satanic. Yang paling terlihat adalah dari lagu yang ada di album pertama mereka Native In Black (NIB). Di lagu itu ditulis ungkapan yang cintai Lucifer kepada pendengarnya. Salah satu baitnya adalah :

“Some people say my love cannot be true
Please belive me my love, and I’ll show you
I will give you those things you thought unreal…
Your love for me has just got to be real…
Look into my eyes, you will see who i am
My name is Lucifer, please take my hand!”

Yang artinya :

"Berberapa orang berkata bahwa cintaku tak dapat dibenarkan
Percayalah kepadaku, dan aku akan menunjukan kepadamu
Aku akan memberikan sesuatu yang kamu anggap tidak nyata…
Cintamu padaku akan menjadi nyata…
Pandanglah mataku, kamu akan tahu siapa aku
Namaku adalah Lucifer, mari pegang tanganku!"

Dan ada lagu lain Black Sabbath yang berjudul Suicide Solution. Dalam lagu ini dia mengatakan bahwa jalan terbaik dan satu-satunya dalam hidup adalah dengan bunuh diri. Sampai akhirnya tejadi, dan seorang remaja mempercayai apa yang di sampaikan lagu ini dan dia bunuh diri dengan menggunakan pistol.

Perilaku setan hampir tak terhitung lagi dalam sehari-hari. Seperti sewaktu dia membunuh 17 kucing peliharaannya hingga akhirnya dia tergeletak lemas dibawah piano dengan senapan shotgun di tangan dan pisau di tangan yang lainnya. Hal buruk yang Ozzy lakukan juga bisa di baca di sebuah buku tentang Guitar Legend no 37 hal 34.
Akhirnya si Ozzy ini dikeluarkan dari grup Black Sabbath karena kecanduan yang sangat besar terhadap narkoba. Msekipun pernah direhabilitasi namun itu semua tidak sepenuhnya karena pengaruh istrinya Sharon.
Dalam acara MTV  reality yang berjudul  The Osbourne yang sama sekali tidak layak tonton. Karena, acara ini menayangkan sebuah kehidupan keluarga yang sangat tidak patut untuk dicontoh. Salah satunya adalah, Ozzy pernah mengizinkan anaknya untuk melakukan seks bebas yang masih berumur 13 tahun asalkan memakai kondom.
Dalam sebuah wawancara disebutkan bahwa Ozzy telah memiliki 5 anak dan 3 cucu, namun kehidupannya tidak berubah dan sangat buruk untuk ditiru oleh keluarganya.

Kisah di atas adalah salah satu sisi buruk dari musik (rock). Ada banyak aliran dalam musik rock. Lebih banyak pada aksi semata dan kehebohan yang di bawanya, juga lirik-lirik lagu burukknya, di banding kualitas bermusik.
Hingar-bingar distori musik rock juga kadang berlebihan. Bila di dengarkan tanpa kontrol, bisa merusak pendengaran.
Sebenarnya banyak juga musik rock-bahkan mereka mengatakan aliran Hard Core, yang menggusung sisi putih kehidupan dalam lagu dan aksinya. Namun itu hanya sedikit, dan jaman lebih menyukai yang kontroversial dan pastinya: SESAT.
Jika saya benar, bahwa dunia hiburan kadang tidak selamanya bisa diterima dengan akal sehat. Kadang, musik menjadi jembatan yang buruk jika orang yang membawakannya buruk dan begitu pula sebaliknya.
Bermusik, berkarya, dan berkesenian selayaknya memang yang didasarkan pada agama, karena apapun yang terjadi di setiap langkah kita, kita tak bisa lepas dari aturan Allah Swt yang ada dalam Agama (Islam). Bisa jadi, sesuatu yang berlebihan secepatnya bisa membawa dampak buruk bagi kehidupanmu.

Ini gw tulis dan di bikin terburu-buru di mulai sejak tadi pagi jam 7'an..di saat terhenyak membaca artikel dan pendapat tentang musik rock. Cukup lama gw memikirkan pendapat-pendapat itu. Dan memang kisah-kisah di atas salah satu contoh buruk dari fenomena musik rock. Gw inget saat tahun 90-97'an dulu saat maraknya musik rock-tepatnya metal membumi di negeri ini. Saat itu sedang terkenal grup Metallica dan Sepultura. Wah, gila.... ngerock banget.
Namun gw masih benar-benar bloon waktu itu. Semua gw dengarkan, dari Obituary, Black Sabbath, Judas Priest, Sodom, Pestilence, Megadeth, Slayer, dll.
Memang, lebih banyak dari mereka membawa aroma kemarahan, rasa frustasi, dan menjauhkan Tuhan.
Suka, tapi mau bilang apa lagi..itu nyatanya....
Yang pasti, semua yang berlebihan memang tidak baik adanya..
So, gw harus gimana doong.., entahlah...

Gw cari referensi soal ini, dan nemu tulisan terkait ini. Yang mengharamkan nyanyian dan musik ini diantaranya adalah Imam Ibnu al Jauzi, Imam Qurthubi dan Imam asy Syaukani. Sedang yang membolehkan musik adalah Imam Malik, Imam Ja’far, Imam al Ghazali dan Imam Daud azh Zhahiri.

Masing-masing  menggunakan dalil al Qur’an dan Hadits. Kalangan yang mengharamkan di antaranya menggunakan dalil:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna (lahualhadits) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokkan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.” (QS: Luqman 6)

وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ
“Dan bujuklah siapa yang kamu sanggupi diantara mereka dengan suaramu (shautika).” (QS: al Isra’ 64)

Dan juga beberapa hadits Rasulullah saw:
“Sesungguhnya akan terdapat di kalangan umatku golongan yang menghalalkan zina, sutra, arak dan alat permainan (musik). Kemudian segolongan (dari kaum Muslimin) akan pergi ke tebing bukit yang tinggi. Lalu para penggembala dengan ternak kambingnya mengunjungi golongan tersebut. Lalu mereka didatangi oleh seorang fakir untuk meminta sesuatu. Ketika itu mereka kemudian berkata,”Datanglah kepada kami esok hari.” Pada malam hari Allah membinasakan mereka, dan menghempaskan bukit itu ke atas mereka. Sisa mereka yang tidak binasa pada malam tersebut ditukar rupanya menjadi monyet dan babi hingga hari kiamat.” (HR Bukhari).

“Pada umat ini berlaku tanah longsor, pertukaran rupa dan kerusuhan.” Bertanya salah seorang diantara kaum Muslimin,”Kapankah yang demikian itu terjadi, ya Rasulullah?” Beliau menjawab,”Apabila telah muncul biduanita, alat-alat musik dan minuman arak di tengah-tengah kaum Muslimin.”

Sedangkan ulama yang membolehkan nyanyian dan musik ini menggunakan dalil:

إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ

“…dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah bunyi keledai.” (QS: Luqman 19)

Imam Ghazali mengambil pengertian ayat ini dari mafhum mukhalafah. Allah SWT memuji suara yang baik. Dengan demikian dibolehkan mendengarkan nyanyian yang baik. (Ihya’ Ulumudddin, juz VI, jilid II, hal. 141).

Hadits Bukhari, Tirmidzi, Ibnu Majah dan lain-lain dar Rubayyi’ binti Muawwiz Afra:

“Rubayyi’ berkata bahwa Rasulullah saw datang ke rumah pada pesta pernikahannya. Lalu Nabi saw duduk di atas tikar. Tak lama kemudian beberapa orang dari jariah (wanita budak) nya segera memukul rebana sambil memuji-muji (dengan menyenandungkan) orang tuanya yang syahid di medan perang Badar. Tiba-tiba salah seorang dari jariah berkata,”Diantara kita ini ada Nabi saw yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi pada esok hari.” Tetapi Rasulullah saw segera bersabda,”Tinggalkanlah omongan itu. Teruskanlah apa yang kamu (nyanyikan) tadi.”

Hadits Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra:

“Pada suatu har Rasulullah saw masuk ke tempatku. Ketika itu di sampingku ada dua gadis perempuan budak yang sedang mendendangkan nyanyian (tentang hari Buats). Kulihat Rasulullah saw berbaring tapi dengan memalingkan mukanya. Pada sat itulah Abu Bakar masuk dan ia marah kepadaku. Katanya,”Di tempat/rumah Nabi ada seruling setan?” Mendengar seruan itu Nabi lalu menghadapkan mukanya kepada Abu Bakar seraya berkata,

“Biarkanlah keduanya, hai Abu Bakar.”

Tatkala Abu Bakar tidak memperhatikan lagi maka aku suruh kedua budak perempuan itu keluar. Waktu itu adalah hariraya dimana orang-orang Sudan sedang menari dengan memainkan alat-alat penangkis dan senjata perangnya (di dalam masjid).”

Hadits riwayat Imam Ahmad, Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra. Katanya,”Aku pernah mengawinkan seorang wanita dengan seorang laki-laki dari kalangan Anshar. Maka Nabi saw bersabda,

“Hai Aisyah, tidak adakah padamu hiburan (nyanyian) karena sesungguhnya orang-orang Anshar senang dengan hiburan (nyanyian).”

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad terdapat lafaz:

“Bagaimana kalau diikuti pengantin itu oleh (orang-orang) wanita untuk bernyanyi sambil berkata dengan senada: “Kami datang kepadamu. Hormatilah kami dan kami pun menghormati kamu.Sebab kaum Anshar senang menyanyikan (lagu) tentang wanita.”

Jadi?
Yang pasti, musik sesat seperti rocknya si ozzy dan jalangnya si britney bukan sesuatu yang layak di nikmati.
Yang lebih ngerti semua yang gw maksud, mohon komentarnya dan ilmunya....

=====================ah, cape ngetiknya, ngopi..ngopi...=====================

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Isi Post Dzul Kifayatain

Translate

Topics :
 
Support : emye Blogger Kertahayu | kanahayakoe | Shine_83
Copyright © 2013. Dzul Kifayatain_Tis'ah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger