Home » » Di Israel 6 Juta, Secara Global Populasi Yahudi Menurun

Di Israel 6 Juta, Secara Global Populasi Yahudi Menurun

Written By Emye Yahya on Minggu, 31 Maret 2013 | 08.07


Hidayatullah.com—Data statistik terbaru Israel menyebutkan bahwa jumlah populasi Yahudi di negara Zionis saat ini mencapai 6 juta jiwa, angka sama yang diklaim sepihak oleh Yahudi sebagai jumlah korban pembantaian kelompok mereka oleh Nazi Jerman.

Dengan demikian, jumlah Yahudi yang tinggal di Israel untuk pertama kalinya melebihi jumlah penduduk Yahudi di Amerika Serikat, yang sekarang mencapai 5,5 juta orang. Kenaikan jumlah penduduk Yahudi itu didorong oleh imigrasi Yahudi diaspora dari berbagai negara ke Israel.

Bertepatan dengan masa perayaan Paskah, yang menandai pembebasan bangsa Israel dari perbudakan oeh Firaun Mesir oleh Nabi Musa, tahun 2013 ini total populasi negara Zionis itu melebihi 8 juta jiwa. Warga non-Yahudi mencakup ,6 juta Arab, 350.000 Kristen non-Arab, dan sisanya kelompok campuran yang kebanyakan merupakan imigran asal bekas negara Uni Soviet yang agamanya tidak tercantum dalam sensus oleh Kementerian Dalam Negeri Israel.

Profesor Sergio Della Pergola, pakar demografi Yahudi di Universitas Hebrew di Al-Quds (Yerusalem) mengatakan bahwa jumlah populasi global Yahudi mencapai 13,8 juta. Bandingkan dengan 18 juta jiwa sebelum masa kekejaman Nazi. Namun, kenaikan jumlah penduduk Yahudi hanya terjadi di Israel.

Koran Zionis Yedioth Ahronoth melaporkan, jumlah penduduk Yahudi di Israel memang meningkat, namun secara global pertumbuhan jumlah penduduk Yahudi justru negatif.

Melihat perkembangan jumlah penduduk Yahudi yang justu negatif secara global itu, Tom Segev, seorang sejarawan Israel dan penulis buku tentang dampak psikologis Holocaust “The Seventh Million”, mempertanyakan kelangsungan ideologi Zionis di masa depan.

“Enam juta jelas angka simbolik, tetapi sebagian besar Yahudi masih tinggal di luar Israel,” katanya kepada The Daily Telegraph (28/3/2013).

“Tetapi dalam lima, tujuh atau 10 tahun, anda mungkn bisa mengatakan bahwa kebanyakan Yahudi di dunia tinggal di Israel, dan itu akan menjadi legitimasi untuk memakai istilah klise untuk pertama kalinya dalam kurun 2.000 tahun terakhir, yaitu bahwa Yahudi berada di israel.”

“Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang kemudian akan anda lakukan terhadap ideologi Zionis?”*

 Ahad, 31 Maret 2013

Rep: Ama Farah
Red: Dija
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Isi Post Dzul Kifayatain

Translate

Topics :
 
Support : emye Blogger Kertahayu | kanahayakoe | Shine_83
Copyright © 2013. Dzul Kifayatain_Tis'ah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger