Home » , » APAKAH ABRAHAM ITU BERAGAMA ISLAM?

APAKAH ABRAHAM ITU BERAGAMA ISLAM?

Written By Emye Yahya on Minggu, 23 Juni 2013 | 16.00


SEORANG KRISTEN BERTANYA, "APAKAH ABRAHAM ITU BERAGAMA ISLAM?"




BIARLAH ALQURAN SENDIRI YANG MENJAWABNYA, WALAUPUN SAYA TIDAK YAKIN SI PENANYA MAU MEMBACANYA, BAHKAN MUNGKIN MALAHAN LALU MENUTUP MATANYA, MUNGKIN MASIH ADA YANG LAIN YANG MAU.

NABI IBRAHIM BUKAN SEORANG YAHUDI DAN BUKAN PULA SEORANG NASRANI, APALAGI KRISTEN SAMA SEKALI BUKAN, MELAINKAN SEORANG YANG LURUS DAN BERSERAH DIRI KEPADA ALLAH (ISLAM)

QS 3:65-67

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تُحَاجُّونَ فِي إِبْرَاهِيمَ وَمَا أُنزِلَتِ التَّوْرَاةُ وَالْإِنجِيلُ إِلَّا مِن بَعْدِهِ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ [٣:٦٥]
Hai Ahli Kitab, mengapa kamu bantah membantah tentang hal Ibrahim, padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim. Apakah kamu tidak berpikir?
﴿٦٥﴾

هَا أَنتُمْ هَٰؤُلَاءِ حَاجَجْتُمْ فِيمَا لَكُم بِهِ عِلْمٌ فَلِمَ تُحَاجُّونَ فِيمَا لَيْسَ لَكُم بِهِ عِلْمٌ ۚ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ [٣:٦٦]
Beginilah kamu, kamu ini (sewajarnya) bantah membantah tentang hal yang kamu ketahui, maka kenapa kamu bantah membantah tentang hal yang tidak kamu ketahui? Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.
﴿٦٦﴾

مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلَا نَصْرَانِيًّا وَلَٰكِن كَانَ حَنِيفًا مُّسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ [٣:٦٧]
Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) (Islam) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik.
﴿٦٧﴾


ORANG-ORANG YANG PALING DEKAT KEPADA IBRAHIM IALAH ORANG-ORANG YANG MENGIKUTINYA (UMAT NABI IBRAHIM AS), DAN NABI INI (NABI MUHAMMAD SAW) BESERTA ORANG-ORANG YANG BERIMAN KEPADA NABI MUHAMMAD SAW (UMAT ISLAM)

QS 3:68

إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِإِبْرَاهِيمَ لَلَّذِينَ اتَّبَعُوهُ وَهَٰذَا النَّبِيُّ وَالَّذِينَ آمَنُوا ۗ وَاللَّهُ وَلِيُّ الْمُؤْمِنِينَ [٣:٦٨]
Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), beserta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman.
﴿٦٨﴾


DAN DIKATAKAN ORANG-ORANG YANG PALING DEKAT DENGAN ABRAHAM TERSEBUT KELAK AKAN DATANG DARI TIMUR DAN BARAT, DAN KELAK MEREKA AKAN MAKAN DAN  MINUM BERSAMA ABRAHAM DI DALAM KERAJAAN SURGA


SEKARANG KITA LIHAT PEMBICARAAN YESUS DI DALAM ALKITAB DENGAN PARA PENGIKUNYA. YESUS MENGATAKAN BAHWA KELAK BANYAK ORANG AKAN MENYEBUT-NYEBUT DIRINYA TUHAN-TUHAN.

Mereka tidak akan diijinkan masuk ke dalam surga, bahkan malah dicampakkan kedalam neraka yang penuh ratap dan kertak gigi (penderitaan dan siksaan). Karena mereka hanyalah para pelaku kejahatan, dan Yesus tidaklah mengenal mereka, karena sesungguhnya umat yang menyebutnya sebagai Tuhan-tuhan adalah bangsa diluar tugas kenabiannya (bukan bangsa Israel)

Kata Yesus selanjutnya, kelak bahkan Abraham dan Ishak dan yakub dan semua para Nabi, beserta banyak orang yan datang dari timur dan barat, makan bersama di dalam Kerajaan Allah. Sementara orang-orang yang memanggil Yesus dengan sebutan "Tuhan-tuhan" bahkan dilemparkan ke dalam Neraka.

Lukas 13 TB

23* ¶ Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?”

 24* Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

 25* Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang.

 26 Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami.

 27 Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan!

 28* Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar.

 29* Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah.


YESUS BAHKAN MELANJUTKAN KALMATNYA, BAHWA KELAK AKAN ADA UMAT YANG TERAKHIR TETAPI AKAN MENJADI ORANG YANG TERDAHULU. DAN UMAT YANG TERDAHULU AKAN MENJADI UMAT YANG TERAKHIR.

Lukas 13 TB

 30* Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir.”


 HAL YANG TERAKHIR INI BAHKAN DI PERKUAT DENGAN HADIS NABI MUHAMMAD SAW, BAHWA UMAT ISLAM ADALAH UMAT YANG TERAKHIR, TETAPI KELAK AKAN MENJADI ORANG-ORANG YANG TERDAHULU

صحيح مسلم ١٤١٥: و حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَوَاصِلُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَعَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَا
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَضَلَّ اللَّهُ عَنْ الْجُمُعَةِ مَنْ كَانَ قَبْلَنَا فَكَانَ لِلْيَهُودِ يَوْمُ السَّبْتِ وَكَانَ لِلنَّصَارَى يَوْمُ الْأَحَدِ فَجَاءَ اللَّهُ بِنَا فَهَدَانَا اللَّهُ لِيَوْمِ الْجُمُعَةِ فَجَعَلَ الْجُمُعَةَ وَالسَّبْتَ وَالْأَحَدَ وَكَذَلِكَ هُمْ تَبَعٌ لَنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ نَحْنُ الْآخِرُونَ مِنْ أَهْلِ الدُّنْيَا وَالْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمَقْضِيُّ لَهُمْ قَبْلَ الْخَلَائِقِ
وَفِي رِوَايَةِ وَاصِلٍ الْمَقْضِيُّ بَيْنَهُمْ حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ سَعْدِ بْنِ طَارِقٍ حَدَّثَنِي رِبْعِيُّ بْنُ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُدِينَا إِلَى الْجُمُعَةِ وَأَضَلَّ اللَّهُ عَنْهَا مَنْ كَانَ قَبْلَنَا فَذَكَرَ بِمَعْنَى حَدِيثِ ابْنِ فُضَيْلٍ
Shahih Muslim 1415: 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah menyesatkan orang-orang yang sebelum kita tentang hari Jumat. Bagi orang Yahudi jatuhnya pada hari Sabtu, dan bagi orang Nasrani jatuhnya pada hari Ahad. Lalu Allah menunjuki kita yaitu pada hari Jum'at. Karena itu, terjadilah berturut-turut tiga hari berkumpul (hari besar), yaitu Jum'at, Sabtu dan Ahad. Hari kiamat kelak, mereka pun mengikuti kita juga, kita yang terakhir ke dunia, tetapi kitalah yang lebih dahulu diadili sebelum umat-umat yang lain." …dst


BAHKAN BANYAK ORANG-ORANG DATANG KEPADA YOHANES SANG PEMBABTIS UNTUK DIBAPTISKAN, TETAPI KATA YOHANES MEREKA HANALAH ORANG-ORANG YANG JAHAT. 

BANYAK ORANG-ORANG MENGAKU KETURUNAN DAN ANAK-ANAK ABRAHAM, TETAPI DIBANTAH OLEH YOHANES, "BAHKAN ALLAH DAPAT MEMBUAT KETURUNAN UNTUK ABRAHAM DARI BATU-BATU". ARTINYA BAHWA ORANG-ORANG DAN UMAT YANG MENGIKUTI PENGAJARAN NABI ABRAHIM AS LAH YANG BERHAK MENGATAKAN DIRINYA SEBAGAI KETURUNAN DAN ANAK-ANAK ABRAHAM, ITULAH "UMAT ISLAM"

Lukas 3 TB

7* Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: “Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang?

 8 Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!


Itulah umat Islam, Umat Nabi Muhammad saw, yang datang jauh dari timur dan Barat, tetapi teguh mengikuti ajaran Abraham, mengikuti perjanjian Abraham dengan Tuhan. Bahkan yang selalu membaca Pujian dan Doa Sholawat bagi Abraham disetiap akhir Shalatnya. Itulah arti dari perkataan Yohanes, bahwa Allah dapat menjadikan Keturunan Abraham dari batu-batu.


KATA YESUS YAHUDI PUN TIDAK BERHAK MENYEBUT DIRINYA SEBAGAI ANAK-ANAK ABRAHAM, KARENA MEREKA TIDAK MENGAKUHI KENABIAN NYA, BAHKAN SELALU BERUSAHA MEMBUNUHNYA, WALAPUN BAIK YAHUDI MAUPUN KRISTEN MERASA PEMBUNUHAN TERSEBUT TELAH BERHASIL.

DENGAN PERBEDAAN CARA PANDANG, YAHUDI MERASA TELAH BERHASIL MEMBUNUH ANAK HARAM DAN PENGHUJAT TUHAN, SEMENTARA KRISTEN MERASA MEREKA TELAH BERHASIL MEMBUNUH "TUHAN".

Yohanes 8

(37) "Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu. 

(38) Apa yang Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan demikian juga kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari bapamu." 

(39) Jawab mereka kepada-Nya: "Bapa kami ialah Abraham." Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham. 

(40) Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham.

Apa orang Kristen masih belum dapat mengerti apa yang saya terangkan ?


COBA KITA SIMAK PUJIAN DAN DOA SHALAWAT BAGI ABARAHAM YANG SELALU DIUCAPKAN OLEH UMAT ISLAM DISETIAP MEREKA SHALAT, BERDAMPINGAN DENGAN DENGAN SHALAWAT BAGI NABI MUHAMMAD SAW, SEBAGAI RASA HORMAT, PUJIAN DAN DOA BAGI KESEJAHTERAAN MEREKA YANG TELAH BEGITU BERJASA MEMBEBASKAN MANUSIA DARI KEKAFIRAN.

سنن ابن ماجه ٨٩٤: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ وَمُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْحَكَمِ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ أَبِي لَيْلَى قَالَ
لَقِيَنِي كَعْبُ بْنُ عُجْرَةَ فَقَالَ أَلَا أُهْدِي لَكَ هَدِيَّةً خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا قَدْ عَرَفْنَا السَّلَامَ عَلَيْكَ فَكَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْكَ قَالَ قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Sunan Ibnu Majah 894: 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar menemui kami, lalu kami bertanya, "Kami telah mengetahui bagaimana salam kepadamu, lalu bagaimana cara shalawat kepadamu?" beliau menjawab: "Ucapkanlah; ALLAHUMMA SHALLI 'ALA MUHAMMADIN WA 'ALA ALI MUHAMMADIN KAMAA SHLLAITA 'ALA IBRAHIM INNAKA HAMIDUN MAJIIDUN. ALLAHUMMA BAARIK 'ALA MUHAMMADIN WA 'ALA ALI MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA 'ALA IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN 

(Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung). "

Wahai orang-orang kafir, apa yang kalian katakan dan pikirkan, ketika nama Abraham terdengar disebutkan melalui telinga kalian. Bahkan kalian lalu dengan tega menghinakannya, menghinakan slah satu anak keurunannya Ismail as, sebagai anak dari hubungan gelap dengan Ibunya yang bekas sorang budak ? Bahkan diantara kalian ada yang tega dan begitu keji, lalu mengatakan "Abraham telah berzina dengan budak nya". Dan Ismail as, anak mereka hanyalah ibarat "Keledai Liar" ?.

Kalian lah benar-benar umat yang sangat tersesat, bahkan kalian menghinakan Bapak para nabi, yang paling dikasihi oleh Allah, diantara semua manusia yang pernah dilahirkan di dunia ini ? Sadarlah….


HAL TERSEBUT BAHKAN SUDAH DIKATAKAN DI DALAM ALQURAN, SEBAGAI ANUGERAH ALLAH BAGI NABI IBRAHIM AS, BAHWA NABI IBRAHIM AKAN MENJADI "BUAH TUTUR DAN NAMA YANG BAIK" BAGI MANUSIA, SELAMA-LAMANYA. SEBAGAI JAWABAN ATAS DOA NABI IBRAHIM AS KEPADA NYA.

QS 26:84

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ [٢٦:٨٣]
(Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,
﴿٨٣﴾

وَاجْعَل لِّي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ [٢٦:٨٤]
dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian,
﴿٨٤﴾

وَاجْعَلْنِي مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ [٢٦:٨٥]
dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan,
﴿٨٥﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA


JADI JAWABAN SINGKAT UNTUK PERTANYAAN DARI JUDUL NOTE INI ADALAH, ISLAMLAH YANG MEGIKUTI AGAMA NABI IBRAHIM AS

Masih banyak sebenarnya hal-hal yang ada dibenak dan pikiran saya yang hendak saya tuliskan di dalam note ini, tetapi karena waktu yang terbatas dan takut bakal akan menjadi terlalu panjang, maka sementara saya hentikan sampai disini. Cukuplah bagi orang-orang yang berakal dan menyayangi hidup dan kehidupannya, terutama kehidupan kedua nantinya, untuk lalu mengambil pelajaran.

Jangan nanti umur semakin bertambah, badan menjadi lemah, tulang kropos dan mudah patah, jantung mengalami kelemahan dan fungsinya menurun.

Dan lalu mulai memikirkan Tuhan ? Juga lalu menyesal mengapa dahulu sewaktu masih mudah, badan kuat dan otak masih tajam, tidak dipergunakan untuk mencari kebenaran ? dan melakukan ibadah kepada Allah dan berbuat Kebajikan


BILA KONDISI ANDA SUDAH SEPERTI ITU, MAKA SAYA JADI TERINGAT KETIKA TUHAN LALU BERFIRMAN KEPADA FIRAUN, DIKALA FIRAUN MENCOBA BERTOBAT KARENA HAMPIR MATI TENGGELAM

QS 10:91

آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ [١٠:٩١]
Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.
﴿٩١﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA, MUDAH-MUDAHAN AKAN BANYAK MANUSIA MENGAMBIL PELAJARAN....




source: Penjaga Kitabullah
Share this article :

3 comments:

  1. Alhamdulillah:
    Ulasan yang menarik..

    BalasHapus
  2. Boong banget..

    Mustahil abraham islam..

    Abraham adalah nenek moyang Yahudi..

    Kalo gitu, Yahudi juga islam dong..

    Ha.ha.ha..

    BalasHapus
  3. Kasihan, bodoh sekali kalau belum dapat memahami agama Ibrahim, Ismail, Iskaq (kakek Yusuf moyang Isa), Musa , Isa dan Muhammad.

    Apakah sudah membaca kitab Nabi Daniel, risalah Yohanes Pembaptis (Yahya), dan seterusnya, semoga anda segera dapat pencerahan dan hidayah dari Sang Pencipta Pemilik Alam Semesta, aamiin

    BalasHapus

Isi Post Dzul Kifayatain

Translate

Topics :
 
Support : emye Blogger Kertahayu | kanahayakoe | Shine_83
Copyright © 2013. Dzul Kifayatain_Tis'ah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger